Pasangrahan Gambirowati No ratings yet.

Pasanggrahan Gambirowati, Pasanggrahan ini terletak di dusun Watugajah, Desa Girijati Kecamatan Purwosari. Pasanggrahan Gambirowati seluas 13.200 meter persegi dan terletak pada ketinggian 138 mdpl dan memiliki struktur bangunan berteras dan berbahan batu putih.
Menurut FDK BOSCH, bangunan tersebut berasal dari abad 16 dan berdasar gaya arsitektur dan pilar-pilar yang masih nampak, bercorak Islam. Sedangkan berdasarkan konteks lingkungan, berupa lautan dan pegunungan diperkirakan pesanggrahan ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat peristirahatan akan tetapi juga mempunyai fungsi filosofis dan spiritual.
Menurut kisah tutur yang berkembang di masyarakat sekitar pesanggarahan mengatakan bahwa bangunan tersebut merupakan bekas pesanggrahan putra-putra Prabu Brawijaya.Petilasan Gununggambar

Gunung Gambar merupakan obyek wisata spiritual yang berada di Desa Jurangjero Kecamatan Ngawen. Gunung Gambar berketinggian 200 mdpl, dimana dari puncaknya kita dapat menikmati keindahan Rawa Jombor di Klaten, Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri.
Data sejarah diketahui bahwa Gunung Gambar merupakan tempat bertapa Raden Mas Said / Pangeran Samber Nyawa selama berperang melawan Belanda. Ditempat itu, beliau duduk diatas batu (Watu Kong) yang sampai sekarang masih nampak di Gunung Gambar, dan menyusun strategi untuk melawan Belanda.
Petilasan ini terbentuk pada periode Islam. Raden Mas Said mendapat wahyu kraton pada waktu bertapa di Gunung Gambar sekitar abad XVII, kemudian menjadi penguasa Mangkunegaran Surakarta dengan gelar KGPAA Mangkunegara I.Goa tempat bertapa Raden Mas Said sampai sekarang masih dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Pada waktu tertentu banyak orang yang berziarah ke Gunung Gambar, terutama pada waktu tirakatan menjelang upacara Sadranan.
Pertapaan Kembang Lampir
Dari sekian banyak peninggalan yang ada di Kabupaten Gunungkidul, antara lain: fosil-fosil, arca, batu lapak, candi, goa, petilasan, rumah kuno, dsb. Petilasan Kembang Lampir merupakan salah satu diantaranya. Kembang Lampir merupakan petilasan yang terletak di desa Girisekar Kecamatan Panggang dan sampai saat ini salam kondisi terawat baik. Kembang Lampir dulu digunakan sebagai tempat bertapa Ki Ageng Pemanahan untuk memperoleh wahyu kraton, dengan wahyu tersebut beliau berharap dapat menurunkan raja-raja di Jawa

Please rate this


Recent Post