Pantai Jogan | Wisata Pantai Gunungkidul No ratings yet.

Pantai Indah Gunung Kidul, Pantai Pantai Gunung Kidul, Pantai Pasir Putih Gunung Kidul, Pantai Selatan Gunung Kidul,

Wisata Pantai Gunungkidul Pantai Jogan merupakan pantai unik yang perlu dikunjungi di Gunungkidul. Pantai ini diapit oleh tebing-tebing khas dengan pegunungan kapurnya. Gunungkidul memang lebih didominasi dengan pegunungan kapurnya. Pantai ini tepatnya terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jika Anda mengunjungi Pantai Nglambor atau Pantai Siung maka pantai ini berada di sebelah baratnya. Sementara jika Anda berada di Pantai Timang, lokasi pantai ini berada di sebelah timurnya. Jika dilihat dari GPS, pantai ini berada di koordinat lokasi GPS S8°10’49” E110°40’33”. Perjalanan dari Jogja bisa dilalui sekitar dua jam perjalanan. Tapi lamanya perjalanan juga akan ditentukan kecepatan laju kendaraan yang digunakan serta padat tidaknya jalanan yang dilalui.

 Pantai Jogan Gunungkidul Jogja Pantai Terindah Gunung Kidul, Pantai Wisata Gunung Kidul, Pantai Wonosari Gunung Kidul

Pantai Jogan Wisata Pantai Gunungkidul Memiliki Keunikan

Anda akan memperoleh pengalaman berbeda saat mengunjungi obyek wisata Gunung Kidul ini. Anda akan memperoleh sensasi serta pemandangan berbeda dibandingkan dengan pantai Gunungkidul lainnya yang sudah dikunjungi. Mengapa? Pasalnya selain bisa melihat pantai Anda juga akan disuguhi pemandangan air terjun yang airnya langsung jatuh di bibir laut. Air tawar dari air terjun yang langsung bermuara ke laut. Tidak semua pantai memiliki keistimewaaan seperti ini beruntunglah Anda yang berkesempatan untuk mengunjunginya. Meskipun cantik, namun tidak disarankan untuk mendekati air terjun tersebut dengan alasan keamanan.

 Pantai Jogan Gunungkidul Yogyakarta

Pemandangan Pantai Jogan Gunungkidul Diapit Tebing

Sesampainya di lokasi Wisata Pantai Gunungkidul ini, Anda hanya perlu menikmati pemandangan pantai tersebut yang diapit tebing-tebing khas pegunungan kapur Gunungkidul. Dimana lagi Anda bisa melihat pemandangan air sungai yang turun langsung disambut ombak yang datang bergulung-gulung. Pemandangan ini tentu akan menjadi pemandangan serta pengalaman istimewa. Jika ingin melihat derasnya air terjun maka waktu yang paling tepat seperti saat mengunjungi air terjun lainnya yaitu saat musim penghujan. Karena pada musim inilah debit airnya melimpah. Sementara pada musim kemarau debit air cenderung banyak berkurang apalagi air dari sungai tersebut juga digunakan warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan air tawar mereka.

 Pantai Jogan Wonosari Yogyakarta

Cara Tepat Menikmati Pantai Jogan Wisata Pantai Gunungkidul

Anda hanya pelru bermain-main di pantai untuk menikmati pantai tersebut. Namun jika ingin menikmati guyuran air terjun maka ada dua cara yang dilakukan. Pertama bisa dilakukan dengan rappeling di air terjun atau teknik canyoning. Untuk melakukannya, Anda memerlukan berbagai peralatan yang memadai sehingga tidak sembarangan melakukannya. Keamanan Anda juga perlu dipertimbangkan. Sedangkan cara kedua bisa dilakukan dengan menuruni turunan semacam jalan setapak yang cukup licin. Ada beberapa kayu pegangan yang digunakan untuk menopang tubuh Anda agar tidak tergelincir. Namun tetap membutuhkan kewaspadaan dan sikap hati-hati dengan segala situasi.

           Pantai Jogan Wonosari Gunungkidul, Pantai Indah Gunung Kidul, Pantai Pantai Gunung Kidul, Pantai Pasir Putih Gunung Kidul, Pantai Selatan Gunung Kidul,

Selanjutnya Anda akan melalui karang yang di dalamnya terdapat kepting-kepiting yang masih kecil selain itu adakalanya juga terdapat banyak kupu yang berada di batuan kering sekitar tebing. Akhirnya Anda akan merasakan derasnya air terjun yang mengenai tubuh. Kesegaran pun akan dirasakan sambil menikmati pemandangan laut lepas. Pantai ini memang memiliki keunikan tersendiri.

Tebing Pantai Jogan Gunungkidul Pantai Sepanjang Gunung Kidul, Pantai Terbaik Gunung Kidul, Pantai Terindah Gunung Kidul

Selain terdapat air terjun yang berasal dari sungai diantara pegunungan karst yang jatuh di laut juga hanya terdapat sedikit pasir. Hal ini tidak lain karena laut langsung berbatasan dengan tebing. Itulah sebabnya Anda harus menyempatkan waktu untuk mengunjungi Pantai Jogan Wisata Pantai Gunungkidul dan air terjunnya.

Pantai Jogan Gunungkidul

Please rate this


Recent Post