Spesifikasi dan Pengertian Jenis Mobil SUV di Indonesia No ratings yet.

Jenis mobil SUV atau Sport Utility Vehicle (SUV) merupakan salah satu jenis kendaraan yang banyak disukai oleh pasar Indonesia. Tidak heran hampir semua produsen otomotif mengeluarkan produk SUV mereka masing-masing. SUV menjadi salah satu pilihan mobil offroad yang banyak disukai selain ( Baca mobil Jeep ) yang merupakan ( Baca mobil Amerika ). Biasanya mobil jeep mempunyai harga yang sangat tinggi, namun SUV menawarkan harga dengan rentang harga yang lebih luas. Nah, untuk membahas lebih jauh mengenai mobil SUV tersebut anda bisa membaca artikel di bawah ini.

Pengertian Jenis Mobil SUV

Jenis mobil SUV akan didahului dengan penjelasan apa sebenarnya mobil SUV ini. SUV ini dirancang untuk mampu melewati berbagai medan, baik trek off road maupun on road dengan membawa muatan baik barang maupun penumpang. Pada awalnya kebanyakan mobil jenis SUV ini berjenis pick up dan menggunakan penggerak 4 roda atau yang dikenal dengan  4WD.

Mobil SUV bisa dibilang sebagai perpaduan antara sedan dan Jeep. Kalau ( baca pengertian jenis mobil jeep ) adalah mobil 4×4 atau penggerak 4 roda yang mempunyai tenaga kuat, akan tetapi di Indonesia tidak semua SUV memiliki 4 penggerak roda. Ada beberapa ( baca mobil Jepang )  berjenis SUV yang hanya memiliki dua penggerak roda. Nah, jenis yang seperti ini yang sering disebut SUV yang lebih mirip sedan.

Akan tetapi tetap ada ciri khusus dari mobil SUV ini yaitu mempunyai dimensi yang besar, jarak terendah mobil dengan tanah cukup tinggi, ukuran badan besar, serta mempunyai mesin di atas 1500 cc. Segala fitur yang besar ini membuat SUV menjadi lebih jantan. Apalagi saat ini desain interior dan eksteriornya juga semakin berkembang.

Perkembangan SUV membuatnya terbagi menjadi beberapa jenis yakni Compact SUV, Middle SUV, Luxurious SUV dan Full Size SUV. Dalam pembahasan berikut akan dijelaskan macam-macam dari jenis SUV ini.

 Pajero

Compact SUV

Jenis mobil SUVpertama adalah compact SUV atau juga dikenal sebagai low SUV atau Mini SUV. Compact SUV ini merupakan jenis SUV yang relatif kecil baik dari segi dimensi  maupun tenaga. Rata-rata tenaga dari Compact SUV ini berada pada level terendah dalam kategori SUV yakni sekitar 1500 cc, sasisnya juga cukup rendah. Memang SUV ini diperuntukkan untuk penggunaan sehari-hari dan dijalan perkotaan. Harga compact SUV ini biasanya di bawah Rp 500 juta. Beberapa merk mobil yang masuk dalam kategori ini adalah Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda HV-R, Ford Ecosport dan Nissan Juke.

 

Medium SUV

Jenis mobil SUVkedua adalah medium SUV. Yang termasuk dalam kategori ini adalah SUV adalah SUV yang cenderung lebih besar dengan mesin kira-kira 2000-2500 cc, juga dengan dimensi yang lebih besar. Sehingga kabin terasa lebih lega dan nyaman. Beberapa yang termasuk ke dalam jenis mobil ini adalah Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, Nissan X-Trail, dan Mazda CX-5.

 

Luxury SUV

Jenis Mobil SUV selanjutnya adalah luxurious SUV. Mobil-mobil yang masuk dalam klasifikasi luxurious SUV ini adalah SUV yang cenderung lebih mengedepankan kenyamanan penumpang, keindahan desain, dan teknologi terdepan .  Namun di sisi lain juga mempunyai tenaga yang kuat  yakni dengan mesin berkekuatan 3000 cc. Beberapa yang masuk dalam kelas ini adalah Lexus RX,  Porche Macan, dan lain sebagainya.

 

Full Size SUV

Jenis Mobil SUVterakhir adalah jenis SUV yang sering disebut sebagai sebenar-benarnya SUV karena memang jenis mobil ini mempunyai tenaga besar, torsi yang besar, serta mesin yang juga kuat. Biasanya mesin yang digunakan adalah V8 yang powerful. Selain konsumsi bahan bakar yang banyak, mobil jenis full size SUV pun harganya cukup mahal yakni berkisar Rp 500 juta hingga Rp 2 miliar.

Nah, sebelum memilih SUV memang sebaiknya tahu dulu jenis-jenisnya. Apabila anda ingin coba performa mobil-mobil kuat ini anda pun bisa sewa, misalnya sewa mobil di Jogja saat berada di kota gudeg untuk mendatangi lokasi-lokasi wisatanya. Terutama di daerah –daerah bermedan terjal seperti gunung kidul. Anda bisa Sewa mobil Pajero Jogja maupun Sewa Fortuner Jogja. Nah, demikian sedikit penjelasan tentang  jenis mobil SUV.

Please rate this


Recent Post