Pantai Butuh | Pantai Gunung Kidul Yogyakarta No ratings yet.

Pantai Butuh : Pantai Gunung Kidul Yogyakarta

 

 Pantai Butuh adalah salah satu Pantai Gunung Kidul Yogyakarta yang berada di Karambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul Jogja. Pantai ini menjadi pantai kesekian yang berada di Gunungkidul. Sebelumnya masyakarat lebih mengenal deretan pantai Baron, Kukup, Indrayanti, Drini dan lainnya. Kemudian dikenalkan dengan pantai ini. Tentu akan membuat Anda penasaran untuk mendatanginya. Pasalnya Gunungkidul sendiri lebih kental dengan potensi wisatanya. Selain banyak pantai di sini juga banyak goa. Hal ini tidak lain karena sebagian besar wilayah daerah ini merupakan perbukitan dan daerah kapur. Sebagai lahan yang tandus maka pertanian yang ada pun lebih mengandalkan turun hujan atau biasa dikenal dengan sawah tadah hujan. Akhirnya wisata merupakan potensi yang digalakkan sebagai sumber pemasukan daerah ini.

Pantai Butuh Pantai Gunung Kidul Wonosari

 Pantai Butuh Berada di Zona Selatan

Lokasi Gunungkidul yang relatif jauh dari Yogyakarta maka jika Anda berasal dari luar Yogyakarta ada baiknya memanfaatkan kendaraan pribadi untuk mengunjungi lokasi Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta. Selain jauh, lokasi Pantai Butuh yang merupakan salah satu wisata di gunung kidul terkadang tidak terjangkau oleh kendaraan umum. Bus umum misalnya hanya bisa mengantar Anda hingga kota Wonosari sehingga Anda akan mengalami kesulitan untuk mengakses lokasi-lokasi pantai yang biasanya jauh dari kota. Pantai Butuh ini sendiri berada di Zona Selatan. Gunungkidul terbagi atas tiga zona yaitu zona utara, zona tengah dan zona selatan. Zona Selatan disebut juga sebagai wilayah pengembangan Gunung Seribu. Merupakan kawasan Kars. Selain itu di zona ini ada banyak ditemukan sungai-sungai bawah tanah.

 

Pantai Gunung Kidul Yogyakarta ini Masih Jarang dikunjungi

Belum terlalu dikenalnya Pantai Butuh membuat pantai ini belum banyak dikunjungi. Artinya menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengetahui bagaimana keindahan pantai ini. Begitu pula dengan keindahan pemandangan alam yang ditawarkan. Itulah sebabnya sangat disarankan untuk mengunjungi Pantai Butuh di musim teduh, jadi tidak terlalu kering ataupun basah karena musim hujan. Sebab jika Anda mengunjungi daerah Gunungkidul pada musim kemarau maka terik matahari akan sangat terasa. Hal ini dikarenakan daerah ini termasuk daerah yang memiliki iklim tropis. Selain itu didominasi pula dengan perbukitan kars.

 Pantai Butuh Gunung Kidul

Pantai Butuh Layak Dikunjungi

Seperti halnya pantai-pantai lainnya yang ada di Gunungkidul maka pantai ini juga layak untuk dikunjungi. Karena potensi wisata dan hasil laut lah yang bisa banyak dikembangkan di daerah ini. Karena untuk mengembangkan potensi pertanian, kawasan ini kurang optimal karena lahan yang sebagian besar kurang subur sehingga hasilnya tidak maksimal. Wisata pantai dan goa banyak ditemukan. Ada banyak pantai yang bisa dikunjungi. Lokasinya pun ada yang berdekatan ada pula yang berjauhan. Jika kebingungan dimana letak lokasinya, bisa bertanya pada penduduk sekitar yang tentunya jauh lebih paham dimana lokasinya. Apalagi di wilayah Gunungkidul sudah didukung petunjuk lokasi wisata sehingga lebih memudahkan.

Suhu udaha wilayah Gunungkidul rata-rata 27,7° C dengan suhu minimum mencapai 23, 2°C sedangkan suhu maksimum mencapai 32, 4°C. Sehingga tidak mengherankan akan terasa panas pada saat siang hari. Sedangkan kelembaban lokasi tersebut bukan dipengaruhi oleh tingginya lokasi melainkan oleh musim. Sebagai bagian dari pantai selatan maka pantai-pantai di sini relatif memiliki ombak yang besar. Sehingga setiap pengunjung selalu diingatkan untuk selalu hati-hati dan waspada dengan keadaan sekitarnya. Namun keindahan dan suasana pantai selalu dirindukan. Riuhnya suara debur ombak dan udara pantai yang menyehatkan membuat orang selalu ingin datang berkunjung. Itulah sebabnya Anda perlu mengunjungi Pantai Butuh yang merupakan salah satu obyek wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta.

Please rate this


Recent Post