Pantai Timang : Pantai Gunung Kidul No ratings yet.

Pantai Timang : Pantai Gunung Kidul

Pantai Timang berlokasi di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, yang menyuguhkan Pasir Nan Putih di Pantai Gunung Kidul. Pantai ini bertempat di sebelah barat Pantai Nglambor, Pantai Jogan, dan Pantai Siung atau di sebelah timur sejajar dengan Pantai Seruni, Pantai Pok Tunggal, Pantai Ngetun. Jarak dari Kota Wonosari ke Pantai Timang kurang lebih 35 km.

 

Pantai Timang Gunung Kidul

Akses Menuju Pantai Gunung Kidul “Pantai Timang”

Wisatawan Pantai Timang masih belum sebanyak pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul. Akan tetapi, pemandangan yang disuguhkan di pantai ini jelas saja tidak kalah bagusnya dengan pantai-pantai tersebut. Terlebih lagi, bagi anda yang menyukai fotografi, dengan mengunjungi Pantai Timang ” Pantai Gunung Kidul “ ini anda bisa mengambil berbagai foto yang menarik. Akses jalan ke pantai ini memang belum seluruhnya mulus, akan tetapi kendaraan seperti mobil bisa menempuh jalan tersebut. Hal ini tentu saja lebih mudah jika dibandingkan dengan naik kendaraan umum. Ada dua jalur yang bisa ditempuh untuk menuju ke Pantai Timang ini yaitu dengan melewati Jalan Raya Baron maupun melalui desa Purwodadi Tepus. Namun, Jalan Raya Baron memang jauh lebih direkomendasikan karena lebih nyaman dan aman untuk dilalui. Sementara jika anda memilih untuk melewati desa Purwodadi Tepus, maka anda harus berhati-hati karena anda akan melewati jalan yang naik turun dan belokan-belokan yang cukup tajam. Untuk bisa ke pantai ini memang tidak mudah karena tidak tersedianya papan petunjuk sehingga, anda harus bertanya kepada warga sekitar.

Akses Jalan Ke Pantai Timang


Ciri Khas Pantai Gunung Kidul Timang

Pantai Timang memiliki ciri khas yang tidak jauh berbeda dengan Pantai Gunung Kidul yang lainnya. Dengan hamparan pasir putih serta banyaknya tumbuhan pandan memberikan kesan yang menarik bagi pantai ini. Selain itu, anda juga bisa menemukan berbagai biota laut. Ciri khusus yang membedakan pantai ini dengan pantai lain adalah adanya pulau karang yang letaknya 200 meter ke arah barat yang dikenal dengan nama Watu Panjang atau Batu Panjang atau Pulau Timang. Anda perlu menempuh jarak 50 hingga 10 meter dari bibir pantai untuk bisa sampai ke Pulau Timang.

Pasir Putih Pantai Timang Yogyakarta

Pengalaman Ekstrim Ke Pulau Timang Akses yang ditawarkan untuk para pengunjung yang ingin ke pulau Timang yaitu dengan menaiki Gondola Pantai Timang, kereta gantung ala tradisional. Kereta gantung ini tidak semodern seperti kereta-kereta gantung yang ada di Ibu Kota karena dibuat dengan bahan-bahan yang sangat sederhana yaitu dengan kayu dan tali atau tambang sebagai penghubungnya. Sebenarnya, kereta gantung ini bukanlah fasilitas yang disediakan untuk wisatawan karena digunakan untuk nelayan yang ingin menyeberang ke batu karang. Di sanalah, mereka akan memancing lobster untuk kemudian dijual kembali atau dikonsumsi sendiri. Pantai Timang Yogyakarta sendiri bukanlah pantai yang secara komersil dibuka, jadi tidak usah heran jika anda tidak dapat menemukan fasilitas apapun di sana. Akan tetapi, untuk dapat menaiki kereta gantung ini, anda diharuskan mengeluarkan kocek. Awalnya, kereta gantung ini bisa dinaiki dengan gratis. Namun, setelah banyak wisatawan yang datang ke pantai ini mencoba kereta gantung ini, para nelayan berinisiatif untuk menetapkan tarif untuk menambah penghasilan mereka. Akan tetapi, walaupun anda membayar tidak ada asuransi, sehingga resiko ditanggung sepenuhnya oleh anda sendiri.

Ketika anda berkunjung ke pantai ini, sebaiknya jangan lupa untuk membawa bekal karena tidak adanya warung makanan. Jadi, tergiurkah anda untuk segera mengunjungi Pantai Gunung Kidul Timang ini?

Pantai Timang Gunung Kidul

 

Please rate this


Recent Post