Pantai Ngusalan Gunung Kidul No ratings yet.

Pantai Ngusalan Gunung Kidul

Pantai Ngusalan Gunung Kidul menyuguhkan pemandangan menarik dan unik. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang mungkin sudah pernah dikunjungi. Di pantai ini Anda dapat melihat karang yang terjal. Batu karang yang terhembas ombak. Hanya saja, jika di pantai lain Anda bisa melihat dan bermain banyak pasir maka di pantai ini hanya ada sedikit pasir. Di lokasi ini Anda juga bisa mendengar suara mendesis dari ombak yang keluar dari karang-karang. Jika Anda mengunjungi Pantai Jungwok maka lokasi obyek wisata Gunung Kidul ini tidak jauh dari pantai tersebut. Saat mendatangi Pantai Ngusalan Gunung Kidul, Anda juga bisa melihat adanya batu besar yang menyerupai bentuk topi. Sehingga memberikan pemandangan unik namun tetap menarik.

Jalan Terjal Menuju Pantai Ngusalan

Pantai Ngusalan Gunung Kidul Yogyakarta

Perjalanan liburan menyenangkan tentu saja perjalanan yang nyaman. Untuk menuju lokasi Pantai Ngusalan Gunung Kidul, perjalanan panjang harus dilalui. Perjalanan dari Jogja memang melalui jalan beraspal dan nyaman. Namun terkadang harus melalui banyak tanjakan dan turunan serta berkelok-kelok. Begitu mendekati lokasi ini, Anda akan melalui jalan terjal. Mungkin bisa membuat Anda bergoyang sepanjang perjalanan dan juga merasa mual. Namun keindahan dan keunikan Pantai Ngusalan Gunung Kidul telah menunggu Anda dengan segala pemandangannya yang sayang untuk dilewatkan. Berbagai rasa mual dan kelelahan perjalanan akan langsung hilang begitu sampai di pantai ini.

Pantai Ngusalan sebagai Rumah Keong

Pantai Ngusalan Gunung Kidul

Pantai Ngusalan Gunung Kidul ini ternyata memiliki makna tersendiri bagi warga sekitar. Ngusalan sendiri menurut warga sekitar merupakan rumah atau tempat hidup keong. Memang benar, di lokasi ini Anda bisa melihat banyak keong. Tidak hanya keong saja yang bisa Anda lihat namun berbagai binatang laut lainnya seperti bermacam ikan, kemudian kerang udang dan lobster. Di lokasi ini juga ada bermacam-macam tanaman semacam lumut atau alga yang bisa ditemukan. Tanaman tersebut ada yang bisa dimakan dan ada pula yang tidak bisa dikonsumsi. Bagaimana cara membedakannya? Anda bisa menanyakannya kepada warga sekitar. Jika tidak ingin kesulitan, Anda juga bisa meminta tolong penduduk setempat untuk mencarikan keong atau kerang yang bisa dikonsumsi dan memasaknya di lokasi Pantai Ngusalan Gunung Kidul untuk santap siang yang menggoyang lidah.

Seruling Samudra di Pantai Ngusalan

Pantai Ngusalan Gunungkidul

Saat di Pantai Ngusalan Gunung Kidul ini Anda juga bisa mendengar dan melihat desisan suara ombak yang melewati karang. Beberapa pengunjung menamainya sebagai ‘Seruling Samudra’ karena suaranya yang mendesis. Untuk melihatnya, Anda harus melewati perbukitan yang terjal terlebih dahulu. Selanjutnya Anda akan sampai di suatu lokai dimana di tempat tersebut terdapat semacam cekungan yang sempit. Selain itu karangnya juga licin dan tajam. Jika ombak tengah besar sebaiknya tidak usah merasa penasaran untuk melihatnya dari dekat. Untuk melihat dari dekat Pantai Ngusalan Gunung Kidul maka Anda harus menuruninya terlebih dahulu.

Pantai Ngusalan Jogja

Padahal untuk menuruni Pantai Ngusalan Gunung Kidul, diperlukan upaya yang lumayan berat. Anda harus menunduk-nunduk dan menerobos diantara baru karang lainnya. Padahal ombak bisa datang kapan saja dan tidak tahu bagaimana besarnya ombak tersebut. Artinya tidak ada yang menjamin keselamatan Anda. Sehingga lebih baik menikmati pemandangannya dari atas. Toh pemandangan tersebut masih tetap bisa dinikmati bahkan jauh lebih aman tanpa takut terpeleset atau jatuh terkena ombak. Anda juga tetap bisa mengabadikannya dalam sebuah gambar. Selain itu diantara batu karang tersebut ada kalanya digunakan sebagai tempat tinggal binatang-binatang laut. Anda bisa melihat pemandangan tersebut di Pantai Ngusalan Gunung Kidul ini sehingga ada baiknya menyempatkan waktu untuk mengunjunginya.

Please rate this


Recent Post